Porfirio Díaz

Nibak Wikipedia
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Foto Porfirio Díaz dalam setelan militer.

José de la Cruz Porfirio Díaz Mori, dikenal sebagai Porfirio Díaz (Oaxaca de Juárez, Oaxaca, 15 September 1830-Paris, Prancis, 2 Juli 1915), adalah seorang militer Meksiko yang menjabat sebagai presiden Meksiko dalam tujuh tahun kesempatan. Secara total dia memegang jabatan presiden Meksiko selama 31 tahun.

Ia menjabat sebagai presiden negara untuk pertama kalinya secara sementara setelah kemenangan Revolusi Tuxtepec, antara 28 November 1876 dan 6 Desember 1876; dan untuk kedua kalinya dari 17 Februari 1877 hingga 5 Mei 1877. Ia memegang posisi dalam bentuk konstitusional dari tahun 1877 hingga 30 November 1880. Kemudian ia menjalankan jabatan kepresidenan negara itu tanpa henti antara tahun 1884 dan 1911.

Sebelum mengambil alih kursi kepresidenan, dia adalah seorang militer terkemuka yang menonjol karena partisipasinya dalam Intervensi Prancis Kedua di Meksiko. Pada 15 Oktober 1863, Presiden Benito Juárez mengangkatnya sebagai Jenderal Divisi dan pada 28 Oktober, dia diberi komando militer di 4 negara bagian: Veracruz, Puebla, Oaxaca dan Tlaxcala. Mereka menyoroti tindakan militernya di negara bagian Oaxaca, tempat dia mengorganisir gerilyawan melawan Prancis. Dia mengangkat senjata melawan pemerintah federal pada dua kesempatan: yang pertama melawan Benito Juárez dengan Plan de la Noria, dan, kemudian, melawan Sebastián Lerdo de Tejada, menyusun Plan of Tuxtepec. Setelah kemenangan rencana kedua, Díaz mengambil alih kursi kepresidenan.