Ureuëng Ngui:WhisperToMe/Draft/Indonesia

Nibak Wikipedia
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Wikipedia Bahasa Aceh mayoritas dipergunakan oleh orang-orang yang mengikuti budaya Aceh. Tidak seperti Wikipedia lainnya yang memiliki beragam kontributor dari berbagai kelompok etnis (antara lain misalnya pada English Wikipedia dan Wikipedia Bahasa Indonesia), Wikipedia Bahasa Aceh meniadakan gambar-gambar yang dianggap ketelanjangan dan/atau kecabulan dalam budaya Aceh. Wikimedia Foundation memungkinkan proyek-proyek secara terpisah membuat keputusan lokal selama tidak menghalangi prinsip-prinsip utama Foundation. Pandangan budaya Aceh mengenai kesopanan berbeda bila dibandingkan dengan pandangan mengenai kesopanan dari budaya-budaya lainnya di Indonesia dan dunia.

Gambar laki-laki harus tertutupi antara daerah pusar dan lututnya. Gambar perempuan (dari berbagai latar belakang budaya, agama, atau periode waktu manapun) yang telah akil balig juga harus tertutupi pada daerah lengan, paha, dan betisnya. Rambut juga harus tertutupi. Wajah dan telapak tangan tidak perlu tertutupi.

  • Gambar dengan penutup kepala yang sesuai meliputi misalnya jilbab Muslim, babushka (kerudung Eropa), anorak/parka (jaket Eskimo), pakaian ski, atau sweter bertudung yang tudungnya dikenakan.
  • Gambar juga dapat disunting sehingga wajah seseorang perempuan tertampilkan, namun rambutnya tidak terlihat. - Unggah versi yang sudah disunting pada Wikipedia Bahasa Aceh, dan cantumkan pranala ke gambar aslinya di Commons sehingga atribusi tetap diberikan.

Gambar perempuan yang belum akil balig (umumnya sebelum usia 12) harus sesuai dengan batasan yang digunakan untuk laki-laki. Dengan demikian itu berarti bahwa gambar atau penggambaran visual lainnya mengenai alat vital/posisi berhubungan badan manusia tidak diperbolehkan, meskipun dalam artikel yang membahas subyek tersebut. Ingat bahwa Wikipedia Bahasa Aceh tetap harus mengikuti hukum hak cipta Amerika Serikat, mengingat server-servernya berlokasi di sana. Jadi jangan mengunggah gambar berhak cipta hanya karena mengikuti panduan yang tertulis di atas. Pastikan bahwa gambar yang diunggah berlisensi bebas.

Cara menyunting foto[peusaneut | Peusaneut nè]

Panduan ini menjelaskan cara menyunting foto untuk membuatnya sesuai dengan kebijakan awrah Wikipedia Bahasa Aceh

Jika Anda menggunakan Windows Vista/7

  • Simpan gambar ke hard drive Anda
  • Buka gambar, lalu klik kanan -> "Open With" -> "Windows Photo Gallery"
  • Dalam Windows Photo Gallery, pilih "Fix"
  • Pilih "Crop Picture" dan sunting - sesuaikan ukuran kotak hingga melingkupi daerah yang tidak menampakkan awrahnya
  • Klik "Apply" dan tutup window untuk menyimpan perubahannya

Versions[peusaneut | Peusaneut nè]

Discussion[peusaneut | Peusaneut nè]