Marit Ureuëng Ngui:Rachmat04/Arsip 2014

Nibak Wikipedia
Jump to navigation Jump to search

Reusam[Peusaneut nè]

Ka jeuet tapeuget laju reusam bhaih teunuleh-teunuleh saboh kalimat. -- Si Gam (marit) 19 Buleuën Peuët 2014 18.09 (UTC)

Jeut. Lon usaha peugot jinoe. — 👦 rwhd marit 21 Buleuën Peuët 2014 14.12 (UTC)

Banda di Rumania[Peusaneut nè]

Ka na ureuëng peugöt brôih barô, banda-banda ubeut di Rumania. Pakriban nyan? -- Si Gam (marit) 3 Buleuën Limöng 2014 06.20 (UTC)

Maksud droeneuh Dapeuta banda di Rumania nyoe? Hana peu bak lon. Kadang na manfaat u keue eunteuk. Lon kalon bak Wikipedia bahsa Aceh hana le laman dapeuta banda lagee nyan. Lheuh nyan pih kadang jeuet ta peugot teunuleh cahrot baro keu ta tamah jeumeulah teunuleh Wikipedia nyoe. — 👦 rwhd marit 4 Buleuën Limöng 2014 06.57 (UTC)

Kön nyan. Meukeusud lôn ata jipeugöt lé Musichistory2009. Meunyo teunuléh bhaih propinsi di Rumania ngön nang nanggroëjih hana masalah. Tapi nyoë ka trôk bak tingkat kabupaten ngön keucamatan. -- Si Gam (marit) 4 Buleuën Limöng 2014 12.11 (UTC)

Oh, yang ka jituleh nyan? Bak lon sang hana masalah, sabab dapeuta banda nyan atra peurlee na bak ensiklopedia. Bek lagee si Chicago nyan, hana manfaat meusapeu pih. Jipeuseumak Wikipedia mantong. Pakon droeneuh kureueng setuju? — 👦 rwhd marit 4 Buleuën Limöng 2014 12.52 (UTC)

Beutôi peureulèë, tapi asoëjih saboh kalimat sagai. Meunyo jeuët meunan, na meuribèë teunuléh treuk bhaih gampông, keucamatan ngön kabupatèn nyang jeuët jipeugèt. -- Si Gam (marit) 4 Buleuën Limöng 2014 14.19 (UTC)

Pakri teuman? Ta sampoh? Sayang teuh. Adak teunuleh aktor nyan jeuet ta sampoh laju. Meunyoe nyoe sang ta boh {{subst:cahrot-2}} mantong? — 👦 rwhd marit 4 Buleuën Limöng 2014 15.11 (UTC)

Meunyö lôn lônsampôh laju. Keu peuë teuma teunuléh saboh baréh bhaih keucamatan ngön kabupatèn di luwa nanggroë. Meunyö di Acèh peureulèë. Tapi tapulang bak ureuëng urôih mantöng, hehe.. Emoticon -- Si Gam (marit) 4 Buleuën Limöng 2014 17.43 (UTC)

Bak lon hana peu meunyoe hana ta sampoh. Lheuh nyan pih jeumeulah teunuleh bak Wikipedia nyoe abeh meukureueng. Meunyoe ta tanyong bak forum/grup dilee, kiban? Emoticon — 👦 rwhd marit 5 Buleuën Limöng 2014 03.05 (UTC)
Jeuët.. -- Si Gam (marit) 5 Buleuën Limöng 2014 04.15 (UTC)

Albert Einstein[Peusaneut nè]

Halo, Rachmat, sedang bersih-bersih wiki? :) Apakah beberapa artikel seperti Albert Einstein memang layak dihapus? Beberapa artikel saya lihat juga sebenarnya tidak masalah jika dibiarkan sebagai stub. Apa kriteria khusus penghapusan-penghapusan artikel? Misalnya Mark Wahlberg (id:Mark Wahlberg) dihapus karena "vandalisme", kalau boleh tahu yang dianggap vandal di bagian mananya? Apakah bahasanya salah? Salam. Bennylin (marit) 26 Buleuën Limöng 2014 04.57 (UTC)

Artikel-artikel biografi yang saat ini masih di dalam Kawan:Aktor (71 artikel) dan Kawan:Amirika Carékat, misalnya Rowan Atkinson, Tom Hanks, walaupun sudah ada kotak info dan referensinya, apakah tetap akan dihapus? Selain itu, banyak kontribusi yang dihapus adalah buatan TDKR_Chicago_101, apakah artikel-artikel buatannya yang lain (yang juga ditag kembangkan) juga akan dihapusi semua, mis.: Elizabeth II, Paus Fransiskus, Barack Obama? Bukankah Anda dapat dengan mudah melengkapi profil tokoh-tokoh dunia seperti itu dari id.wp maupun en.wp? Bennylin (marit) 26 Buleuën Limöng 2014 05.39 (UTC)

Halo, Mas Benny. Maaf baru menjawab. Beberapa artikel pendek memang saya hapus bila dibuat oleh pengguna anonim secara masal, misalnya Mark Wahlberg (id:Mark Wahlberg). Namun, beberapa yang lain kelihatannya memang kesalahan saya yang langsung menghapus tanpa melihat adanya referensi dan kotak info dalam artikel itu. Oh iya, boleh saya tahu kebijakan di idwiki soal pembuatan artikel pendek secara masal oleh pengguna yang terdaftar? Apakah dihapus atau dibiarkan sebagai rintisan? Tentang artikel profil tokoh dunia, tag kembangkan akan tetap dibiarkan dalam artikel, namun belum dinominasikan untuk dihapus. Terima kasih. — 👦 rwhd bicara 26 Buleuën Limöng 2014 17.03 (UTC)
Saya mendukung tindakan Rahmat yang menghapus artikel-artikel yang hanya memiliki satu kalimat meskipun artikel tersebut memiliki kotak info. Kotak info bukan isi artikel tetapi sebagai pelengkap saja. Artikel-artikel seperti buatan TDKR Chicago dapat dianggap sebagai spam karena tindakannya bersifat masif, membuat ratusan artikel tetapi hanya berisi satu kalimat. -- Si Gam (marit) 27 Buleuën Limöng 2014 00.16 (UTC)

Salam. Terima kasih untuk responsnya yang cukup cepat. Saya ingat dulu ketika WBI masih "kecil" (hanya ribuan artikel, bandingkan WBA 2.500-an artikel), salah satu polarisasi yang muncul adalah antara kubu "deletionisme" dan "inklusionisme" (sekarang keduanya sudah tidak jelas lagi batasannya di Wikipedia besar, tapi masih cukup relevan untuk Wikipedia kecil). Artinya, kubu "deletionis" adalah kaum puris yang standar kelayakannya cukup tinggi, kalau tidak memenuhi standar yang tinggi, artikel akan dihapus, sementara di pihak satunya, mementingkan pertumbuhan Wikipedianya, jadi asalkan subjeknya layak dibahas, maka diperbolehkan eksis (tidak dihapus). Nah, kalau standar di WBA bahasa Aceh benar-benar diterapkan, maka kita harus mulai menghapus ratusan artikel (setiap 100 artikel = sekitar 4% isi ensiklopedia ini), tidak hanya biografi saja, tapi juga geografi, dimulai dari Istimewa:Halaman pendek. Tentu itu tidak diinginkan semua pihak, jadi harus dicari jalan lain. Saya menganjurkan, demi pertumbuhan Wikipedia ini juga, halaman-halaman pendek tidak perlu dihapus. Syaratnya cukup sederhana, selama ada interwiki (bisa dibatasi lebih sempit lagi, selama ada interwiki ke WBI), maka bisa dianggap layak (bisa diberi tag kembangkan, tapi tanpa batasan waktu). Apabila ada pengguna yang menulis artikel pendek secara masal, perlu diingatkan bahwa di Wikipedia ini pun ada standar, tapi jangan sampai memberatkan. Dulu di WBI standar minimal sebuah stub adalah 3 kalimat, ada templat stub, ada interwiki, dan dikategorikan minimal 1 kategori, infobox opsional. (Interwiki sekarang sudah disentralisasi lewat Wikidata). Sementara itu, di awal-awal WBI, pengurus tidak hanya bertugas untuk menghapus (membersihkan) artikel yang tidak layak, tapi juga "menyelamatkan" artikel-artikel pendek yang akan dihapus. Itu seharusnya yang jadi perhatian dari para "pengurus" (orang yang mengurusi, vs. "penghapus"), karena tujuan dari mengurus suatu proyek adalah membesarkan proyek itu, bukan?

Mengenai pembuatan artikel secara masal maupun penghapusan secara masal, memang harus dilihat kasus per kasus. Dalam kasus pembuatan artikel masal dengan robot (seperti di Wikipedia bahasa Minangkabau - WBN), baik artikel spesies, artikel sekolah, artikel kelurahan, dll. saya sangat menolak, karena bukan seperti itu caranya mengembangkan sebuah ensiklopedia (dengan membanjiri artikel2 yang tidak berhubungan dengan penutur bahasa tersebut). Saya setuju jika pembuatan artikel semacam itu dihentikan, artikel2-nya dihapus, dan penggunanya dilarang untuk melakukan hal yang serupa di masa depan. Dari pengamatan saya, Chicago_101 tidak melakukan itu, dan tidak menge-spam Wikipedia ini (ada beberapa definisi spam, a.l. spam pranala luar - tidak, spam promosi/iklan - tidak, spam hal-hal yang tidak berguna - tidak juga), dia melakukannya manual, dengan Jadi pertama harus dikomunikasikan baik-baik dengan penggunanya (siapa pun juga, baik pengguna terdaftar maupun anonim), komunikasi bisa lewat halaman pembicaraan, atau, kalau cara saya, adalah dengan memberi contoh: Begini lho standar minimal artikel di Wikipedia bahasa Aceh ini (dengan disertai difflink). Secara umum, penghapusan harus didasarkan atas "konten artikel", bukan "kontributor artikel" (termasuk kontributor anon). Apabila memang ditemukan indikasi bahwa sang kontributor bermasalah, maka harus diproses terlebih dahulu kontributornya (a.l. dijelaskan kesalahannya di mana, atau untuk kasus yang sudah jelas merupakan pelanggaran, dapat langsung diblokir), baru artikel-artikelnya diproses (dihapus, disunting, dlsb.) Apa pun itu, setiap tindakan kepengurusan adalah suatu tindakan publik (direkam di Istimewa:Log, yang dapat dilihat oleh siapa pun, dus dapat dipertanyakan siapa pun), sehingga seorang pengurus harus dapat mempertanggungjawabkan kepercayaan itu. Jadi, kalau boleh saya sarankan, yang perlu dilengkapi/didiskusikan lebih dulu adalah kebijakan-kebijakan di WBA ini, yang menjadi landasan tindakan-tindakan kepengurusan, sehingga setiap tindakan dapat dirujuk pada suatu kebijakan lokal yang mengikat. (MediaWiki:Deletereason-dropdown dapat mencontoh di id.wp, misalnya)

Beberapa kebijakan yang dapat dipertimbangkan untuk diadaptasi/didiskusikan di sini:

Saya juga sedang merencanakan sebuah proyek sampingan, yaitu bagaimana cara membuat banyak artikel, dengan baik, standar, tersistematis, namun tidak dengan bot. Mungkin ada dari antara Anda yang tertarik untuk mencoba? Saat ini sudah ada Wikipedia bahasa Rejang yang menunggu di Incubator untuk mengaplikasikan rencana saya ini, tapi rencana ini tidak hanya terbatas untuk Wikipedia bahasa Nusantara di Incubator saja, melainkan juga Wikipedia yang sudah keluar dari Incubator (termasuk mis. Wikipedia bahasa Jawa). Kalau tertarik nanti apabila ada perkembangan akan saya berikan undangan di sini juga. Bennylin (marit) 28 Buleuën Limöng 2014 06.35 (UTC)

Terima kasih untuk saran-sarannya, Mas Bennylin. Jujur, saya dan komunitas ingin mengembangkan artikel-artikel di Wikipedia ini supaya lebih berguna dan bermanfaat di samping menjaga bahasa lokal agar tidak hilang dengan cara menulis/menyunting di Wikipedia ini. Beberapa waktu lalu, kami bertemu dan berdiskusi tentang hal ini, bagaimana agar kualitas artikel di Wikipedia ini benar-benar bermanfaat untuk pengguna bahasa lokal—pada khususnya. Pada saat itu, kami memutuskan untuk mengurangi jumlah artikel pendek dan artikel yang kurang berkaitan dengan bahasa dan budaya lokal, misalnya artikel bertopik aktor—dihapus. Namun saya juga kurang teliti akan hal ini, yang langsung menghapus tanpa pandang bulu tanpa mempertimbangkan adanya referensi dan lainnya. Pada saat itu, memang ada beberapa artikel yang dibuat oleh pengguna anonim yang bertopik serupa dengan tulisan-tulisan yang dibuat oleh TDKR_Chicago_101. Saya pun memberikan tag "kembangkan" pada artikel tersebut dan berharap adanya tambahan misalnya referensi. Sepegetahuan saya, di Wikipedia manapun sangat mementingkan adanya referensi dalam artikel, walaupun itu adalah artikel stub, dan kadang kala artikel itu langsung dihapus begitu saja tanpa pemberitahuan. Saya ingin semua pengguna Wikipedia benar-benar menulis di Wikipedia ini dengan membubuhkan referensi walaupun hanya satu, dan tidak hanya sekedar menulis "Ini adalah bla... bla... bla...", selesai. Dan kebetulan, TDKR_Chicago_101 tidak menggunakan referensi dalam artikel buatannya, contohnya Sean Connery, James Garner, Bob Dole, dsb. Jika memang, TDKR_Chicago_101 mengutip dari Wikipedia bahasa Inggris, bukankah lebih mudah menemukan referensi untuk artikel buatannya, bukan?
Walaupun demikian, terima kasih sekali lagi untuk sarannya, Mas Benny. Saya dan komunitas akan segera mengevaluasi kebijakan di Wikipedia ini sesegera mungkin. Terima kasih juga untuk undangannya. Saya menunggu undangan Anda. :) — 👦 rwhd bicara 28 Buleuën Limöng 2014 13.37 (UTC)
Siap, nanti kalau rencananya sudah matang akan saya kirimkan undangannya. :) Salam. Bennylin (marit) 30 Buleuën Limöng 2014 06.23 (UTC)

Help[Peusaneut nè]

Could you please translate this article into Acehnese? It will be added into the Wikipedia in Ido.

Selamat datang di Wikipedia bahasa Ido. Ido pertama kali dikenal sebagai perbaikan atas bahasa Esperanto dan diciptakan pada tahun 1907 setelah pertimbangan selama tujuh tahun oleh sebuah komite profesor dan ahli bahasa. Anda dapat melihat bahwa Ido agak menyerupai Esperanto, namun dengan sejumlah perbedaan termasuk tidak adanya penggunaan tanda diakritik, penggunaan huruf 'q', hampir di seluruh kata-katanya sendiri.

Jika Anda sedang belajar bahasa Ido dan ingin menulis untuk Wikipedia kami, silakan! Banyak orang di sini yang akan membetulkan bahasa Ido Anda jika Anda membuat kesalahan. Cukup gunakan tag {{revizo}} bila Anda berpikir artikel Anda memerlukan beberapa perbaikan tata bahasa.

Situs utama untuk bahasa Ido ada di sini, publikasi dalam bahasa Ido ada di sini, dan artikel Wikipedia Indonesia mengenai bahasa Ido ada di Ido sini. Daftar lengkap situs dalam bahasa Ido di internet ada di sini. Terakhir, alasan utama memilih Ido daripada Esperanto yang banyak dikenal diikhtisarkan dalam artikel ini.

Thanks for you help. --Chabi1 (marit) 4 Buleuën Lapan 2014 07.45 (UTC)

OK, here it is:
Kru seumangat ka neuteuka bak Wikipèdia basa Ido. Ido phôn geuteupeu seubagoe basa peubeutôi keu basa Èspèranto. Basa nyoe geupeuna bak thôn 1907 lheuh geupeutimang lam tujôh thôn lé saboh komite profèsor ngön ureueng ahli lam basa. Droeneuh jeuet neukalön meunyoe Ido rab saban nibak Èspèranto, tapi na bida lam meuneungui cingkunèk, haraih 'q', bak ban dum kata-katajih.
Meunyoe droeneuh teungöh meurunoe basa Ido atawa neutém teumuléh lam Wikipèdia kamoe, kamoe meuteurimöng droeneuh di sinoe. Na dum ureueng nyang peubeutôi basa Ido meunyoe droeneuh neupeubuet salah. Neungui tag {{revizo}} meunyoe na peureulèe bantu andam.
Laman keue basa Ido na di sinoe, seunalén lam basa Ido na di sinoe, teunuléh Wikipèdia basa Indônesia bhaih basa Ido na di sinoe. Ban dum dapeuta laman lam basa Ido bak Internèt na di sinoe. Keu peunutôp, dalèh geupiléh basa Ido nibak Èspèranto na lam teunuléh nyoe. — 👦 rwhd bicara 5 Buleuën Lapan 2014 03.52 (UTC)

Wikipèdia Bahsa Campa[Peusaneut nè]

Tulông tamah incubator Wikipèdia Bahsa Campa Barat ngon Timu bak ôn keuë. Sabah. -- Si Gam (marit) 7 Buleuën Lapan 2014 12.33 (UTC)

Di bak nyang töh nyan? Bak bagian Wikipèdia bahsa la'én? — 👦 rwhd bicara 9 Buleuën Lapan 2014 02.51 (UTC)

Nyo. -- Si Gam (marit) 9 Buleuën Lapan 2014 03.24 (UTC)

 Done Ka bereh. — 👦 rwhd bicara 9 Buleuën Lapan 2014 03.43 (UTC)

Asia Barat Daya --> Asia Barat[Peusaneut nè]

Tulông balék si'at ngön AWB, Asia Barat Daya jeuët keu Asia Barat. Wikipèdia Inggréh hana jingui lé Asia Barat Daya. -- Si Gam (marit) 11 Buleuën Lapan 2014 07.08 (UTC)

 Done Ka bereh. — 👦 rwhd bicara 12 Buleuën Lapan 2014 02.30 (UTC)

Tulông peuingat[Peusaneut nè]

Tulông droën peuingat si'at IP nyoë: 70.190.251.157. -- Si Gam (marit) 8 Buleuën Sikureuëng 2014 12.15 (UTC)

Sampôh[Peusaneut nè]

Aktor asai Amirika Syarikat ka trôk watèë sampôh. -- Si Gam (marit) 13 Buleuën Sikureuëng 2014 06.51 (UTC)

Meunyo Kawan:Aktor kiban? -- Si Gam (marit) 17 Buleuën Sikureuëng 2014 11.51 (UTC)

Peutamöng beureukaih, Wisaya Pengunggahan?[Peusaneut nè]

Wikimedia Commons logo

Hello! Sorry for writing in English. As you're an administrator here, please check the message I left on MediaWiki talk:Licenses and the village pump. Thanks, Nemo 18 Buleuën Sikureuëng 2014 19.22 (UTC)

en:Do not buy Russian goods![Peusaneut nè]

Hello! Could you translate an article about boycott of Russian goods in Ukraine for the Acehnese Wikipedia? Thanks for the help. --Trydence (marit) 13 Buleuën Siplôh 2014 01.02 (UTC)